‘The Power Of Message’, Tema yang Hampir Hilang pada Orange’s Day 2019
![]() |
Akun instagram resmi Oranges' Day 2019 |
Jakarta – Mahasiswa baru Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Esa Unggul, hiruk pikuk dalam penyelenggaraan acara
Orange’s Day 2019. (26/03/2019)
Tertulis
dengan jelas, bahwa tema Orange’s Day yaitu ‘The Power Of Message’ pada akun
instagram resmi Orange’s Day 2019 di @oranges_day. Banyak pertanyaan muncul di
benak senior Fikom.
Afif
Awaludin, salah satu mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi yang juga
salah satu anggota Divisi P3K dalam acara Orange’s Day 2019, terlihat kikuk saat
diwawancarai. Afif merasa bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan agar
dipahami oleh pewawancara.
Orange’s Day
tahun 2019 ini digelar dengan mengusung tema “The Power Of Message”. Tema yang
begitu menggelitik, rupanya juga menuai banyak kritik. Tema yang dalam
terjemahan bebas memiliki arti ‘Kekuatan Pesan’ ini hampir saja hilang, karena
selama proses penyelenggaraan Orange’s Day 2019 banyak terjadi kesalahan
komunikasi.
Iren, salah
senior Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, yang juga mantan anggota
Divisi Humas pada Orange’s Day 2018, mengaku merasakan kejanggalan informasi
dari yang diterimanya lewat beberapa orang yang termasuk dalam daftar panitia.
‘Kesan gua buat OD ini, kurangnya komunikasi
antar sesama panitia. Jadi acaranya kerasa simpang siur. Yang ini bilang
begini, yang itu bilang begitu.’
Kritik Iren
pada percakapan lewat Whatsapp dengan pewawancara.
![]() |
Wawancara dengan Afif Awaludin, salah satu anggota Divisi P3K di Orange's Day 2019 |
Tema
Kekuatan Pesan yang seharusnya masuk dan menjiwai setiap panitia pelaksana,
malah banyak terjadi kesalahan komunikasi antar panitia pelaksana. Afif
Awaludin juga mengaku terjadi banyak informasi yang simpang siur terdengar di
telinganya. Namun Afif membela, bahwa kejadian tersebut hanya terjadi
sementara. Bahkan tidak sampai sehari, setelah saling menyadarkan satu sama
lain, panitia kembali bekerjasama.
Pesan yang kuat diterapkan pada tema Orange’s Day 2019 ini menjadi pelajaran, bahwa Kekuatan Pesan sangatlah penting. Pesan kecil yang tersebar tanpa verivikasi bisa menjadi bibit kesalahan besar.
Tapi pada
akhir percakapan, Iren tetap berharap pada acara Orange’s Day 2019 ini bisa
berjalan lancar dan semakin kompak. “Setiap acara nggak ada yang sempurna, tapi
alangkah baiknya jika belajar dari kesalahan yang sudah-sudah,” tuturnya di
akhir percakapan.
Semoga tema ‘The
Power Of Message’ pada Orange’s Day 2019 ini bisa menjadi visi seluruh
mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan menjadi pelajaran di acara-acara
berikutnya.
(odj)
Komentar
Posting Komentar