‘The Power Of Message’, Tema yang Hampir Hilang pada Orange’s Day 2019


Akun instagram resmi Oranges' Day 2019


Jakarta – Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, hiruk pikuk dalam penyelenggaraan acara Orange’s Day 2019. (26/03/2019)

Tertulis dengan jelas, bahwa tema Orange’s Day yaitu ‘The Power Of Message’ pada akun instagram resmi Orange’s Day 2019 di @oranges_day. Banyak pertanyaan muncul di benak senior Fikom.

Afif Awaludin, salah satu mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi yang juga salah satu anggota Divisi P3K dalam acara Orange’s Day 2019, terlihat kikuk saat diwawancarai. Afif merasa bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan agar dipahami oleh pewawancara.

Orange’s Day tahun 2019 ini digelar dengan mengusung tema “The Power Of Message”. Tema yang begitu menggelitik, rupanya juga menuai banyak kritik. Tema yang dalam terjemahan bebas memiliki arti ‘Kekuatan Pesan’ ini hampir saja hilang, karena selama proses penyelenggaraan Orange’s Day 2019 banyak terjadi kesalahan komunikasi.

Iren, salah senior Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, yang juga mantan anggota Divisi Humas pada Orange’s Day 2018, mengaku merasakan kejanggalan informasi dari yang diterimanya lewat beberapa orang yang termasuk dalam daftar panitia.

‘Kesan gua buat OD ini, kurangnya komunikasi antar sesama panitia. Jadi acaranya kerasa simpang siur. Yang ini bilang begini, yang itu bilang begitu.’

Kritik Iren pada percakapan lewat Whatsapp dengan pewawancara.

Wawancara dengan Afif Awaludin, salah
satu anggota Divisi P3K di Orange's Day 2019
Tema Kekuatan Pesan yang seharusnya masuk dan menjiwai setiap panitia pelaksana, malah banyak terjadi kesalahan komunikasi antar panitia pelaksana. Afif Awaludin juga mengaku terjadi banyak informasi yang simpang siur terdengar di telinganya. Namun Afif membela, bahwa kejadian tersebut hanya terjadi sementara. Bahkan tidak sampai sehari, setelah saling menyadarkan satu sama lain, panitia kembali bekerjasama.




Pesan yang kuat diterapkan pada tema Orange’s Day 2019 ini menjadi pelajaran, bahwa Kekuatan Pesan sangatlah penting. Pesan kecil yang tersebar tanpa verivikasi bisa menjadi bibit kesalahan besar.
Tapi pada akhir percakapan, Iren tetap berharap pada acara Orange’s Day 2019 ini bisa berjalan lancar dan semakin kompak. “Setiap acara nggak ada yang sempurna, tapi alangkah baiknya jika belajar dari kesalahan yang sudah-sudah,” tuturnya di akhir percakapan.

Semoga tema ‘The Power Of Message’ pada Orange’s Day 2019 ini bisa menjadi visi seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan menjadi pelajaran di acara-acara berikutnya.

(odj)





Komentar

Postingan Populer